Rusia minta Apple & Google hapus LinkedIn dari App Store

LinkedIn. LinkedIn.

AMERIKA (KP): Pemerintah Rusia telah meminta Apple dan Google untuk menghapus situs
jejaring aplikasi profesional dari App Store (toko online) mereka. Baru-baru ini, sebuah pengadilan Rusia memutuskan memblokir layanan LinkedIn Microsoft karena melanggar aturan perlindungan data di negara itu.

Menurut The New York Times, Apple telah mengonfirmasi bahwa permintaan menghapus aplikasi LinkedIn di Rusia sekitar sebulan yang lalu.

“Namun, Google belum mengonfirmasi jika sudah menghapus LinkedIn di Rusia. Hal tersebut untuk menaati hukum lokal Rusia,” tambah laporan itu.

Sementara itu, LinkedIn menjawab bahwa mereka “kecewa” dengan keputusan regulator Rusia memblokir layanan.

“Akses ke anggota kami di Rusia dan perusahaan yang menggunakan LinkedIn untuk mengembangkan usaha mereka diblokir,” Nicole Leverich, juru bicara LinkedIn, seperti dikutip.

LinkedIn memiliki beberapa juta pengguna di Rusia. Awal pekan ini, Apple menghapus New York Times dari app store menyusul permintaan dari pihak berwenang Tiongkok yang mengklaim aplikasi itu melanggar peraturan.

Tiongkok dikenal sebagai negara yang melarang situs digital seperti Facebook dan Google yang diyakini membahayakan keamanan nasional atau mempromosikan informasi yang salah. Situs
berbahasa Mandarin, Wall Street Journal, telah diblokir sejak 2014.

Gadgets.ndtv

*

*

Top