Antar sampah rumah tangga, pulang bawa sembako

Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lingga dan Badan Lingkungan Hidup Lingga menggelar sosialisasi bank sampah kepada masyarakat Dabo, Jumat (28/10/2016).

DABO (KP): Untuk menjaga kebersihan lingkungan, pemerintah daerah mengadakan program bank sampah. Dengan program ini, warga dapat mengantar sampah atau limbah rumahan yang dapat ditukar dengan sembako atau biaya pengobatan.

“Bank sampah merupakan salah satu program yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam hal memanfaatkan sampah atau limbah rumahan. Kami berharap, kita turut membantu menjaga kelestarian lingkungan hidup,” kata Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lingga Mira Gustilawati di sela-sela sosialiasi program bank sampah di Gedung Sapta Pesona, Jumat (28/10/2016).

Masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai nasabah bank sampah akan mendapatkan buku tabungan. Buku tabungan ini dapat dijadikan pegangan akan jumlah tabungan dari sampah yang disetor.

“Kalau tabungannya sudah banyak, masyarakat dapat menukarnya dengan biaya pengobatan dan sembako,” jelas Mira.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Lingkungan Hidup Lingga Junaidi Adjam mengungkapkan, program bank sampah ini merupakan salah satu upaya dalam meraih penghargaan Adipura pada tahun depan. Oleh karena itu, partisipasi aktif masyarakat sangat diharapkan dalam menyukseskan program ini.

“Kami juga akan mendistribusikan tong sampah di beberapa titik dan perkantoran,” sebutnya.

Pihaknya juga mengadakan MoU dengan setiap sekolah. MoU itu tentang pengelolaan hutan kota.

“Kami sangat mengharapkan semua pihak memberikan masukan mengenai teknologi tepat guna untuk memanfaatkan limbah sampah dan pengelolaannya,” terang Junaidi.

ARIE

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top