Bintan buka lomba inovasi teknologi

Kepala Dinas PMD Bintan Ronny Kartika menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta lomba teknologi tepat guna tahun lalu. Foto: Istimewa.

BINTANBUYU (KP): Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan (PMD) kembali membuka Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG). Pendafataran lomba ini dibuka mulai 1 Februari hingga 31 Maret mendatang.

Kepala Dinas PMD Bintan Ronny Kartika, Minggu (11/2/2018), mengatakan, berbagai kreativitas dan inovasi sudah ditampilkan di tahun sebelumnya. Dua kreativitas yang paling menarik adalah pemanfaatan limbah bulu ayam untuk pertanian. Di samping itu, ada juga produk alarm anti maling untuk sepeda motor yang hanya berbiaa Rp46.000.

“Kedua inovasi ini hasil karta pelajar SMK 1 Bintan,” ungkapnya.

Pada tahun ini, tiga peserta yang paling kreativ diikutsertakan ke tingkat Provinsi Kepri. Tak hanya itu, hasil kreativitas akan difasilitasi untuk pembuatan hak paten terhadap penemuan produk kreatif tersebut.

“Itu saran dan masukan dari Bupati Bintan Apri Sujadi kepada saya,” ucap Ronny.

Untuk pendaftaran, panitia dapat dihubungi di nomor 082172315329 (Budiarjo) atau 085263439370 (Rianto). Hadian juara pertama Rp7 juta, juara kedua Rp5 juta, juara ketiga Rp3 juta, harapan pertama Rp2 juta, harapan kedua Rp 1,5 juta rupiah, dan rangking 6 sd 12 akan diberikan uang sagu hati.

Kesempatan berbeda, Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan, lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) ini diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi kemajuan daerah di bidang teknologi melalui berbagai inovasi-inovasi terkini. Kabupaten Bintan sudah dikenal di tingkat daerah maupun tingkat nasional atas prestasi dalam inovasi yang diwujudkan dalam sebuah produk saat pameran-pameran.

“Kami harapkan para peserta dapat menciptakan produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Dinas PMD akan memfasilitasi bagi produk pemenang dalam bentuk Hak Paten agar jelas bahwa produk tersebut merupakan produk asli dari Kabupaten Bintan,” sebutnya.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top