Pusat kucurkan dana untuk IKM Lingga

Kabid Perindustrian Dinas Tenaga Kerja Koperasi UKM dan Perindustrian Lingga M Rahmayadi. Foto: Istimewa.

DABO (KP): Pemerintah pusat mengucurkan dana untuk membantun program pembangunan pusat Industri Kecil Menengah (IKM) di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan. Dana yang digelontorkan melalui intansi terkait itu mencapai Rp11,6 miliar.

“Dana tersebut lanjutan dari program IKM. Kamis pekan ini, kami akan menghadiri rapat di Bogor untuk menjelaskan peruntukan seluruh dana tersebut dan mempertanggungjawabkan sejumlah pengerjaan tahun lalu,” kata Kepala Bidang Perindustrian Dinas Tenaga Kerja Koperasi UKM dan Perindustrian Lingga Rahmayadi, Selasa (6/2/2018).

Bantuan ini digunakan untuk pembangunan pengolahan nata de coco, pengolahan minyak goreng, olahan briket arang, lantai jemur coco pit, dan produksi olahan kopra. Program IKM ini telah berjalan sejak tahun lalu. Kantor, unit pelaksana teknis, dan gudang produksi dibangun di tahap awal. Pembangunan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sekitar Rp4,8 miliar.

“Tempat pengolahan sabut kepala sudah aktif. Kami juga akan menggelar pelatihan pengolahan sabut kelapa dijadikan sofa, sikat keset, dan minyak goreng,” ungkap Rahmayadi.

Pembangunan IKM pusat pengolahan kelapa ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi yang ada di Pulau Singkep. Seperti diketahui, pohon kelapa banyak ditemukan di pulau Singkep. Selama ini, potensi tersebut belum dapat digarap dengan serius karena belum adanya sarana dan prasarana yang mendukung.

Bupati Lingga Alias Wello memandang perlunya dilakukan pembangunan pusat pengolahan kelapa di Pulau Singkep. Selain untuk mengubah kelapa lebih bernilai ekonomis, pusat pengolahan kelapa juga bakal menjadi lapangan kerja yang dapat menampung tenaga kerja lokal.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top