Forum literasi diminati pelajar dan mahasiswa

Ratusan pelajar dan mahasiswa mengikuti Forum Literasi Digital Citizenship untuk Generasi Milenial di Hotel Basko, Kota Padang, Rabu (7/2/2018). Foto: Istimewa.

PADANG (KP): Ratusan pelajar dan mahasiswa antusias mengikuti Forum Literasi Digital Citizenship untuk Generasi Milenial yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan dan Informatik dengan PWI Pusat dan Pemprov Sumbar bertempat di Hotel Basko, Kota Padang, Rabu (7/2/2018). Literasi dan edukasi bagi generasi milenial sangat penting untuk terus digalakkan di Indonesia guna menangkal informasi hoax.

“Literasi dan edukasi bagi generasi milenial sangat penting untuk terus digalakkan di Indonesia guna menangkal informasi hoax. Pasalnya, generasi milenial inilah yang secara langsung aktif bergelut dengan internet dan media sosial,” kata Sekjen PWI Pusat Hendri Bangun saat membuka Forum Literasi.

Keaktifan pelajar dan mahasiwa Sumatera Barat yang begitu antusias mengikuti forum literasi yang merupakan bagian dari rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN) 2018 patut dipuji.

“Baru HPN 2018 di Padang. Pelajar dan Mahasiswa begitu antusias,” ungkapnya.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, semua orang adalah pemilik media di era digital ini. Karena, setiap orang dapat memproduksi dan menyebarkan informasi.

“Pola perubahan inilah yang dinamakan dengan mediamorfosis. Mediamorfosis sangat berpenguruh pada perubahan pada kehidupan budaya, politik, ekonomi, masyarakat,” ujarnya.

Di samping informasi hoax, yang perlu diantisipasi pada mediamorfosisis ini adalah informasi mengenai pornografi, paham radikasime, dan terorisme.

“Tahun lalu, kami memblokir aplikasi Telegram. Karena, aplikasi itu memuat konten radikasime dan terorisme,” ulasnya.

Niken juga mengajak generasi milenial untuk bijak mematuhi rambu-rambu etika di media sosial dengan menjadi penyebar informasi yang positif, benar, dan bertanggung jawab.

“Jika menemukan berita yang diduga hoax, silakan dilaporkan ke Kemenkominfo,” sarannya.

Sementara itu, akademisi dan Penulis Agus Sudibyo mengatakan, generasi milenial harus dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk menjadi enterpeneur muda yang sukses.

“Generasi milenial harus dapat menguasai teknologi dengan menggunakan smartphone, internet, dan media sosialnya untuk berbisnis online,” ujarnya.

Agus juga mengulas soal digital citizenship atau kewargaan digital yang membuat pergaulan semakin luas, lintas negara, dan lintas etnis. Digital citizenship ini harus bisa dimanfaatkan untuk membangun solidaritas sosial yang luas dengan memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top