Calon sipir jalan kaki dari Rutan ke Lapas Tpi

Kadivpas Kanwil Kemenkumham Kepri Alfi Zharil Kiemas memotong pita tanda dimulainya longmarch calon sipir dari Rutan ke Lapas Tanjungpinang, Rabu (7/2/2018). Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Ratusan calon sipir jalan kaki dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) ke Lembaga Pemasyarakatan Tanjungpinang yang berjarak sekitar 18 kilometer. Longmarch ini sebagai bentuk aksi napak tilas hadirnya lembaga pemasyarakatan sesuai perkembangan zaman.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Riau Alfi Zharil Kiemas dalam upacara pelepasan, Rabu (7/2/2018) malam, menyampaikan, aksi longmarch ini untuk napak tilas Rutan di Tanjungpinang. Dengan perkembangan kriminalitas yang semakin kompleks, maka dibentulah Lapas Tanjungpinang di Batu (kilometer) 18, Kabupaten Bintan.

“Di Tanjungpinang inilah rumah penjara pertama kali dibangun. Dengan kemajuan zaman, dibentuklah Lapas Tanjungpinang dan Lapas khusus narapidana narkotika,” katanya.

Para calon sipir ini diminta mengikuti longmarch ini dengan sungguh-sungguh. Tujuan longmarch bertujuan membentuk karakter dan etika calon sipir. Kegiatan ini penting agar tidak ada lagi sipir yang melakukan perbuatan menyimpang.

“Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat menjadi pemicu para calon sipir dalam melaksanaan tugas di masa mendatang.

Kegiatan yang sama sudah dilakukan di Batam. Longmarch diikuti sekitar 200 orang calon sipir. Seluruhnya mencapai tujuan tanpa ada yang menyerah.

SURYA

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top