Bupati Lingga panen perdana padi gogo

Bupati Lingga Alias Wello panen padi gogo perdana bersama FKPD di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Jumat (26/1/2018). Foto: Istimewa.

DABO (KP): Mahasiswa Program Diploma Satu (D1) Institut Pertanian Bogor (IPB) Sub Kampus Lingga, Kepulauan Riau, sukses mengembangkan padi gogo di lahan kering, Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep. Padi gogo yang berhasil dikembangkan ini jenis IPB 3S, IPB 8G dan IPB 9 G.

“Ini menandakan kesuksesan Lingga sebagai lumbung pangan di wilayah perbatasan sudah semakin dekat,” ungkap Bupati Lingga Alias Wello usai melakukan panen perdana, Jumat (26/1/2018).

Meski tanpa pengairan, mahasiswa D1 Sub Kampus IPB ini berhasil membuktikan. Lahan kering dapat ditanami padi.

“Saya berharap, sukses hari ini bisa menjadi semangat baru bagi kita dalam memanfaatkan lahan kering untuk menghasilkan padi,” katanya.

Untuk diketahui, Kabupaten Lingga sudah disorot Kementerian Pertanian. Lingga dijadikan sumber kekuatan pangan di daerah perbatasan. Sekitar 400 orang mahasiswa dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, Bogor, dan Medan beserta dosen pembimbing akan datang ke Kabupaten Lingga pada 12 Februari mendatang.

Para mahasiswa ini akan menggarap lahan pertanian dan mengadakan observasi lahan pertanian. Para mahasiswa ini juga akan ikut bersama Bupati Lingga untuk penanaman padi dan jagung di lahan 1.800 hektare pada 15 Februari mendatang.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top