Sakit TBC menahun

Napi Rutan Tanjungpinang meninggal

Makmur (berompi) saat menjalani proses persidangan di PN Tanjungpinang pada Agustus 2017 lalu. Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Makmur Saputro (35), salah seorang narapidana (napi) kasus penipuan dan penggelapan meninggal dunia dalam perjalananan ke Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib. Warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Tanjungpinang ini menderita penyakit tuberculosis (TBC) menahun.

Kepala Rutan Tanjungpinang Rony Widhiyatmoko melalui Kasubsi Administrasi dan Perawatan Tama Surakhman, Sabtu (20/1/2018), mengungkapkan, keluahan sakit ini disampaikan Makmur sekitar pukul 10.00. Ia seghera dibawa ke klinik rutan. Karena penyakitnya parah, Makmur dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Laut Dr Midyato.

“Di RSAL, dokter menyarankan agar Makmur dioperasi di Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib. Dalam perjalanan dengan mobil ambulans, penyakit yang diderita Makmur semakin parah,” sebut Tama.

Mobil ambulans kembali ke RSAL. Makmur dinyatakan meninggal dunia setelah tiba di rumah sakit. Jenazah Makmur sudah diserahkan ke pihak keluarga di Jalan Lembah Purnama.

“Hasil diagnosis dokter, Makmur mendeita TBC aktif, efusi pleura (pengumpulan cairan di dalam rongga antara selaput yang melapisi paru-paru dan rongga dada), dan Hydro pneunomia (infeksi paru-paru),” kata Tama.

Makmur merupakan narapidana kasus penipuan dan kasus penggelapan pada 2017 lalu. Total hukuman yang dijalaninya selama empat tahun dan enam bulan penjara.

SURYA

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top