Digerebek WFQR, pencuri “nyebur” ke laut

Tim WFQR Lantamal IV menangkap tiga pencuri yang beraksi di atas kapal tanker MT Lautan 2. Foto: Dispen.

TANJUNGPINANG (KP): ZI, JP, dan JM ditangkap anggota TNI AL. Ketiganya dilaporkan petugas keamanan kapal tanker MT Lautan 2 karena mencuri sejumlah barang.

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI E Eko Suyatno dalam rilisnya, Rabu (10/1/2018), memaparkan kronologi penangkapan tiga pelaku pencurian tersebut. Berawal saat kapal MT Lautan 2 milik Abob sedang lego jangkar di perairan Patam Lestari, Batam.

“Petugas keamanan kapal yang sedang ronda mendapati tiga orang pria naik ke atas kapal. Sejumlah barang di dalam kapal dicuri,” katanya.

Aksi pencurian itu segera dilaporkan ke Unit I Kejahatan dan Kekerasan Laut (Jatanrasla) Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV. Dua orang pelaku berhasil ditangkap di atas kapal tanker.

“Kami menangkap dua pelaku pencurian. Satu orang lainnya melarikan diri dengan cara melompat ke laut,” ungkap Eko.

Usai penggerebekan itu, dua pelaku dan perahu yang digunakan untuk pencurian diamankan di Pos Pengamat Angkatan Laut (Posmat) Jodoh. Barang bukti hasil curian antara lain, kabel listrik dua gulung, satu unit pengeras suara, satu unit kompor gas merek Rinnai, tiga batang pipa AC, tiga buah pipa hidrolik kapal, satu unit Valve, satu buah kotak brankas kayu, dua buah pipa cargo pump, satu buah keranjang ikan, satu gulung tali carmantle, satu unit alat gas detector, satu unit power suplay, dan satu unit komponen listrik.

Kedua pelaku yang ditangkap ini berinisial ZI dan JP. Terungkap, pria yang melarikan diri adalah JM. Ketiganya berdomisili di Batam.

“Tim WFQR melacaka keberadaan JM dengan bantuan Detasemen Intelijen Armada Kawasan Barat (Denintel Armabar). Lokasi persembunyian JM berhasil diketahui,” ungkap Eko.

JM digerebek di kediamannya di Perum Permata Laguna, Kelurahan Tanjunguncang. Selanjutnya, JM dibawa ke Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam.

Kasus tersebut diserahkan ke penyidik Satuan Polisi Perairan (Sat Polair) Polresta Barelang di Batuampar. Ketiga pelaku diproses hukum.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top