5.000 buah disajikan dalam Pesta Durian

Bupati Bintan Apri Sujadi menikmati durian dalam Pesta Durian di Desa Bintan Buyu, Teluk Bintan, Minggu (7/1/2018). Foto: Istimewa.

BINTANBUYU (KP): Pesta Durian digelar di Lapangan Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Minggu (7/1/2018). Sekitar 5.000 buah durian dari berbagai jenis, asli dari Kabupaten Bintan, dapat dinikmati oleh pengunjung.

“Kami harap kegiatan ini dapat dijadikan agenda rutin setiap tahun nya. Kabupaten Bintan memiliki durian dengan cita rasa yang khas dan tidak kalah dengan Durian Musang King dari Negara Malaysia dan Singapura,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi di sela-sela kegiatan itu.

Pesta Durian ini salah satu daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara. Pada 2017, angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bintan sekitar 300.000.

“Artinya, jumlah wisatawan yang datang sudah dua kali lipat dari jumlah penduduk Kabupaten Bintan,” ungkap Apri.

Untuk mengantisipasi hal itu, beberapa sektor penunjang pariwisata sedang dibangun saat ini. Kampung Tua di Desa Bintan Buyu akan dilestarikan.

“Kami juga sedang mengusahakan agar Bandara Busung bisa menjadi bandara komersil. Sehingga, pintu masuk wisatawan ke Bintan terbuka lebar,” ucap Apri.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Festival Durian Bintan Muhammad Ali mengatakan, berbagai kreasi olahan dari durian ditampilkan di bazar-bazar. Sekitar sepuluh jenis durian ditampilkan di bazar. Jenis durian tersebut antara lain, Durian Gempa Bumi, Durian Kucing Tidur, Durian Es Krim, Durian Tembaga, Durian Mentega, Durian Jantung, Durian Telur, Durian Daun, Durian Kembar Dua, Durian Bantal Guling, dan juga Durian Raja Asmara.

“Selama ini, masyarakat hanya mengenal Durian Tembaga. Padahal, Bintan memiliki banyak jenis durian dengan cita rasa tersendiri,” ungkapnya.

REDAKSI

Spread the love

*

*

Top