Kowal berperan ganda, prajurit dan istri

Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno menyampaikan kata sambutan di HUT ke-55 Kowal, Jumat (5/1/2018). Foto: Dispen.

TANJUNGPINANG (KP): Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) memperingati Hari Ulang Tahunnya yang ke-55 pada 5 Januari. Upacara peringatan di lapangan apel Rumkital Dr. Midiyato Suratani, Tanjungpinang, Jumat (5/1/2018).

Kolonel Laut (K/W) Dr Sihol Enades Mara Sihombing, SpM selaku Inspektur Upacara dan membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi. Disampaikan, HUT ke-55 Kowal pada hakikatnya merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Perjalanan pengabdian Kowal telah mencapai 55 tahun.

“Hal ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk mengenang sejarah perjalanan panjang Kowal, sekaligus berbagai keberhasilan dan prestasi yang menyertainya. Hal itu tentu tidak terlepas dari kerja keras, pengabdian, dedikasi dan pengorbanan dari segenap para senior, sesepuh purnawirawan Kowal selama berdinas di jajaran TNI Angkatan Laut,” sebutnya.

Terkait dengan perkembangan dan semakin terbukanya akses sosial media dewasa ini, hendaknya para prajurit Kowal dapat menyikapinya dengan bijak. Supaya, prajuri Kowal terhindar dari pengaruh negatif yang dapat melemahkan sendi-sendi luhur kehidupan beragama, berbangsa, dan bernegara.

“Wanita merupakan tiang negara. Jika para wanita memiliki kepribadian yang tangguh maka dapat dipastikan akan menghasilkan pribadi–pribadi yang tangguh bagi kejayaan bangsa dan negara,” pesan Kasal.

Kowal harus senantiasa menjunjung tinggi etika, menjaga tutur kata, sikap, perilaku dan penampilan yang baik dalam mengemban tugas maupun kehidupan sehari–hari.

Pada kesempatan yang sama, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno menyampaikan, Kowal memiliki peran ganda yaitu sebagai sosok yang ikhlas mengabdikan diri menjadi prajurit TNI AL dan figur perempuan dengan tugas utama sebagai ibu rumah tangga. Peran ini harus selaras dan seimbang antara kedinasan dan keluarga.

“Dalam kehidupan berkeluarga, Kowal harus mampu menjadi istri pendamping dan pendukung tugas suami, sekaligus sebagai ibu rumah tangga. Kowal juga mempunyai kewajiban untuk menjaga keharmonisan rumah tangga sekaligus sebagai pendidik pertama dan utama bagi putra dan putrinya agar menjadi generasi muda yang berguna bagi bangsa dan negara,” pesannya.

REDAKSI

Spread the love

*

*

Top