Dana perjalanan dinas dan ATK dipangkas

Bupati Bintan Apri Sujadi berdikusi dengan pejabat OPD terkait di halaman Masjid Nurul Iman Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Jumat (5/1/2018). Foto: Istimewa.

BINTAN (KP): Pemkab Bintan akan memangkas dana perjalanan dinas dan pengadaan alat tulis kantor (ATK) kegiatan di organisasi perangkat daerah (OPD). Dua anggaran ini dinilai tidak efektif.

“Hasil evaluasi kinerja 2017, kedua anggaran ini saya nilai tidak efektif. Anggarannya bisa dialihkan ke alokasi lainnya,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi di sela-sela peninjauan sejumlah pembangunan di Kijang, Bintan Timur, Jumat (5/1/2018).

Kebijakan pemangkasan dua anggaran ini sebagai bentuk efisiensi. Dua anggaran ini lebih baik dialihkan untuk pembangunan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Hal yang sama juga disampaikan Sekda Bintan Adi Prihantara. Ia menegaskan, kebijakan ini harus didukung penuh oleh seluruh OPD Bintan. Tahun ini, perjalanan dinas harus berdasarkan asas kebutuhan dan manfaat yang diperoleh bagi daerah.

“Kami sudah mengumumkan hal ini dalam Rapat Evaluasi Kinerja. Nanti, kami akan melihat rasionalisasi anggaran di setiap OPD terkait dana perjalanan dinas yang dapat dialihkan ke penggunaan lainnya,” katanya.

Di samping itu, dana ATK juga ditiadakan. Perlu dipahami bahwa dana ATK kegiatan berbeda dengan Dana ATK di kantor. Dana ATK kantor bisa diajukan namun disesuaikan dengan kebutuhan.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top