Bintan salurkan bantuan kapal dan asuransi

Bupati Bintan Apri Sujadi menyerahkan bantuan kepada salah seorang nelayan Dendun, Kecamatan Mantang, Jumat (15/12/2017). Foto: Istimewa.

MANTANG (KP): Pemkab Bintan menyalurkan bantuan kapal dan asuransi bagi kelompok nelayan di Desa Dendun, Kecamatan Mantang, Jumat (15/12/2017). Dengan bantuan ini diharapkan nelayan Dendun tidak langsung menjual ikan hasil tangkapannya.

“Gunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, dirawat, dan dijaga serta jangan dijual. Kami minta masyarakat melaporkan bila ada bantuan pemerintah daerah dijual,” tegas Bupati Bintan Apri Sujadi usai penyaluran bantuan.

Bantuan ini disalurkan demi mewujudkan tempat pelelangan ikan di depan pulau Dendun. Agar, ikan hasil tangkapan nelayan Dendun tidak langsug dijual ke pihak lain.

“Kami ingin merubah pola pikir dari nelayan tangkap jual menjadi nelayan tangkap, olah, dan jual. Hal ini demi mewujudkan tempat pelelangan ikan di Dendun,” kata Apri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan Bintan Fachrimsyah mengatakan, bantuan yang disalurkan ke nelayan berupa 68 unit kapal motor yang di antaranya ada 40 unit kapal berbahan fiber dengan bobot 1 Gross Tonnage (1 GT). Kapal bantuan itu dilengkapi alat tangkap. Bantuan lain yang disalurkan antara lain, 10 unit kelong apung, jaring ketam 150 unit, kawat bubu 110 gulung, alat pencari ikan dan GPS masing-masing empat unit, bantuan satu paket alat selam untuk kelompok snorkeling Desa Malang Rapat, bantuan pengembangan usaha penangkapan ikan dan pemberdayaan nelayan skala kecil. Para nelayan Bintan juga diberikan 3.215 asuransi.

“Bantuan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus sekitar Rp1.819.880.000,” ungkapnya.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top