Iwan Setiawan jabat Danlanal Batam

Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno memasangkan pangkat jabatan Danlanal Batam kepada Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan, Sabtu (17/12/2017). Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Batam digelar di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Sabtu (16/12/2017). Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan dilantik sebagai Danlanal Batam, menggantikan Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo.

Sebelumnya, Iwan menjabat sebagai Asisten Intelijen Lantamal IV. Sedangkan Ivong akan menempati posisi baru sebagai Kasubag di Dinas Pengamanan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Dispamal).

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno dalam sambutannya menyampaikan, serah terima jabatan di lingkungan TNI AL pada prinsipnya mengandung makna penting bagi organisasi. Serah terima jabatan merupakan proses kesinambungan kepimimpinan agar responsif dan antisipatif dalam menghadapi tantangan ke depan. Melalui serah terima jabatan ini diharapkan menciptakan suasana baru dan lingkungan yang lebih kondusif.

“Mampu melahirkan ide-ide segar dan konteksional. Sehingga, kinerja organisasi akan semakin efektif dan terus bergerak dinamis dari waktu ke waktu,” katanya.

Di sisi lain, sertijab ini merupakan suatu proses pembinaan personel dalam rangka memotivasi semangat untuk makin berkembang dalam kompetisi yang sehat. Karena itu, serah terima jabatan bukan sekadar upacara seremonial. Namun, sertijab ini harus dilihat sebagai suatu kehormatan serta amanah untuk meraih reputasi dan prestasi dalam jabatan baru.

Lanal Batam selaku satuan pendukung Lantamal IV mempunyai tugas pokok menyelenggarakan dukungan logistik dan sarana bagi operasional yang beroperasi. Lanal Batam bertanggung jawab menciptakan stabilitas keamanan di perairan kawasan Barat, khususnya Selat Singapura.

“Tugas yang diemban Lanal Batam tidak ringan. Pasalnya, kondisi geografisnya dituntut untuk mampu mengamankan lalu lintas laut internasional berbatasan langsung dengan negara tetangga,” sebut Eko.

Di wilayah Lanal Batam terdapat pulau Nipah yang merupakan titik batas wilayah Indonesia dengan Singapura. Beberapa pulau masih rawan hilang baik secara fisik maupun secara kepemilikan. Dengan hilangnya sebuah pulau di perbatasan, maka akan berakibat pada batas wilayah NKRI.

“Perlu adanya pengawasan dan pengontrolan secara intensif serta pratoli laut secara terus-menerus. Hal ini guna mengantisipasi dan juga mencegah adanya aktivitas tindak kejahatan dan kegiatan ilegal di laut,” ucap Eko.

Dari waktu ke waktu, Lanal Batam dinilai mampu mengemban tugas sesuai tuntutan. Walaupun, Lanal Batam dihadapkan pada keterbatasan sumber daya, saranan, dan prasarana, serta pemberdayaan manusia. Hal yang dicapai Lanal Batam tidak terlepas dari hasil proses pembinaan pemimpinannya dari generasi ke generasi.

“Atas nama pribadi, saya sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Kolonel Laut (P) Ivong atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Komandan Lanal Batam. Semoga lebih sukses pada penugasan di tempat yang baru,” ujar Eko.

Ucapan selamat disampaikan kepada Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan sebagai Komandan Lanal Batam yang baru. Diharapkan, kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan TNI AL dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Dengan modal pengalaman sebelumnya, manfaatkan kesempatan ini dalam mengembangkan potensi diri. Buatlah Lanal Batam semakin semangat,” pesan Eko.

SURYA

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top