WN Malaysia divonis 7 & 6 tahun penjara

Dua warga negara Malaysia, Ram (belakang) dan Sani digiring petugas jaga tahanan usai divonis hakim PN Tanjungpinang, Selasa (12/12/2017). Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Mohammad Romzi alias Ram (37) dan Mohamad Sani alias Sani (42) divonis masing-masing tujuh dan enam tahun penjara. Salah seorangnya, Ram, terbukti mengendarkan tiga jenis narkoba.

Ketua Majelis Hakim Marolop Simamora dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Selasa (12/12/2017), menyatakan, perbuatan Ram dan Sani terbukti dalam persidangan. Ram terbukti sebagai pengedar narkoba lebih dari lima gram.

“Kami menghukum terdakwa Ram selama tujuh tahun penjara,” katanya.

Ram juga didenda Rp1 miliar. Bila uang denda tak sanggup dibayar, hukuman Ram ditambah tiga bulan penjara.

Sementara itu, Sani dihukum enam tahun penjara. Ia juga didenda Rp1 miliar subsider tiga bulan penjara.

Sebelumnya, Ram dituntut jaksa selama delapan tahun penjara. Sedangkan Sani dituntut tujuh tahun penjara.

Data di pengadilan dipaparkan perbuatan keduanya. Berawal saat Ram bersama Sani datang dari Malaysia pada 5 Mei, sekitar pukul 15.00.

Ram membawa sabu-sabu, pil ekstasi, dan putau. Keduanya ke Tanjungpinang untuk jalan-jalan.

Ram menghubungi Kurnia alias Puput pada 8 Mei. Kurnia diminta datang ke kamar tempatnya menginap, Hotel Bintan Beach Resort (BBR).

Puput diminta tolong menjualkan sabu-sabu. Uang hasil penjualan sabu-sabu itu akan digunakan untuk biaya pulang ke Malaysia.

Sementara itu, petugas Sat Narkoba Polres Bintan menangkap Suryadi alias Acok (divonis 4 tahun penjara pada 16 November) di daerah Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, pada 10 Mei, sekitar pukul 12.30. Asal-muasal sabu-sabu ditelusuri.

Ternyata, sabu-sabu itu berasal dari Puput. Akhirnya, Puput ditangkap.

Diakui Puput, sabu-sabu itu diperolehnya dari Ram yang menginap di Hotel BBR, Tanjungpinang. Keberadaan Ram diselidiki, sekitar pukul 17.30.

Sani dan Ram mendengar suara keramaian di depan pintu kamar 310 yang dihuni. Keduanya bersembunyi di semak-semak hotel tersebut. Keduanya ditemukan dan ditangkap sekitar pukul 22.30.

Barang bukti yang disita berupa sabu paket sabu-sabu, satu paket putau, dan tiga butir pil ekstasi. Hasil penimbangan pihak berwenang, satu paket sabu-sabu itu memiliki berat 8,17 gram dan putau 0,60 gram.

SURYA

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top