Pemilu 2019, coblos lima surat suara

Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam sosialisasi tatap muka stakeholder dan masyarakat dalam persiapan pengawasan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota di aula kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanjungpinang, Kamis (7/12/2017). Foto: Surya.

TANJUNGPINANG (KP): Lima surat suara akan dicoblos para pemilih pada Pemilu serentak 2019 mendatang. Tolok ukur keberhasilan Pemilu itu berdasarkan Pilkada yang digelar di 171 daerah pada 27 Juni 2018.

Hal itu dikatakan anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja dalam sosialisasi tatap muka stakeholder dan masyarakat dalam persiapan pengawasan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota di aula kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanjungpinang, Kamis (7/12/2017).

“Bawaslu dan Panwaslu harus lebih baik lagi dalam mengawasi penyelenggaraan Pilkada 2018. Pilkada ini akan menjadi acuan terhadap keberhasilan Pemilu 2019,” ungkapnya.

Perlu untuk diketahui, kerawan Pilkada di Sumatera cukup tinggi. Tiga wilayah akan menggelar Pilkada 2018 antara lain, Sumatera utara, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan, dan Jawa.

“Di Kepulauan Riau (Kepri), hanya Tanjungpinang yang akan melaksanakan pemilihan wali kota,” sebut Rahmat.

Agar Pilkada 2018 lancar dan aman, kebijakan dan partai politik sebagai organisasi yang memberdayakan kadernya lebih memperhatikan penyelenggaraan pemilu. Diharapkan, pihak kepolisian, kejaksaan, advokat, dan pengadilan berperan dalam penegakan hukum selama Pilkada nanti.

“Indonesia telah melewati fase pemilihan langsung umum bebas dan rahasia. Akan tetapi, akan pemilu itu berlangsung dengan jujur dan adil? Ukuran jujur dan adil itu tergantung pemangku kepentingan dan petugas di Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu),” ucap Rahmat.

Kesempatan yang sama, anggota Bawaslu Kepri Idris menyampaikan, seluruh elemen masyarakat diminta mengawasi seluruh proses Pilwako Tanjungpinang pada 27 Juni 2018. Agar, Pilwako tidak ternodai.

“Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam Pilwako nanti,” ujarnya.

SURYA

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top