Isdiando, wagub Kepri terpilih

Isdianto, wakil gubernur sah, bersalaman dengan Ketua DPRD Jumaga Nadeak, usai paripurna pemilihan, Kamis (7/12/2017). Foto: Istimewa.

TANJUNGPINANG (KP): Paripurna laporan akhir panitia khusus (Pansus) pemilihan wakil gubernur (wagub) Kepri berakhir mulus, Kamis (7/12/2017). Akhirnya, Isdianto ditetapkan secara aklamasi sebagai wagub Kepri dengan sisa masa hingga 2021.

Mulusnya paripurna ini tak lepas dari kepiawaian Ketua DPRD Jumaga Nadeak memimpin rapat. Semula, rapat paripurna ini diprediksi tidak kuorum.

Pasalnya, beberapa fraksi belum sepakat. Namun, dengan lobi dan pendekatan, akhirnya paripurna berjalan dengan lancar dan dihadiri 31 anggota DPRD Kepri.

Sempat diprediksi jika paripurna ini bakal hujan interupsi. Kenyataannya, paripurna berjalan lancar dan hanya diwarnai satu interupsi.

Wakil Ketua Pansus Sahat Sianturi mengatakan, pansus sudah bekerja keras untuk mewujudkan terisinya kursi wagub. Namun hingga tiga kali batas waktu yang ditentukan, gubernur dan partai politik pengusung tidak juga berhasil menemukan satu nama, maka DPRD melakukan terobosan.

“Pengisian ini untuk membantu tugas gubernur yang cukup berat dalam memimpin Provinsi Kepri,” jelasnya.

Kesempatan yang sama, Jumaga mengatakan, paripurna yang dilangsungkan hari ini merupakan sebuah rangkaian panjang. Namun, hampir satu setengah tahun tidak ada keputusan pengisian jabatan tersebut.

“Diperlukan terobosan agar pengisian jabatan wagub ini dapat lebih cepat,” ucapnya.

Usai membacakan laporan akhir, Jumaga langsung menyambung pidatonya.

“Karena hanya satu calon saja, apakah bisa ditetapkan menjadi wakil gubernur sisa jabatan 2016-2021,” tanya Jumaga kepada seluruh anggota DPRD Kepri.

Pertanyaan Jumaga lantas dijawab serentak “setuju”.

Usai menanyakan hal tersebut, paripurna dinyatakan selesai. Untuk tahapan selanjutnya, DPRD akan mengirimkan hasil paripurna kepada gubernur untuk diteruskan kepada Presiden melalui Mendagri.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top