Warga Sabang berswafoto di KRI Soeharso

Salah seorang pasien diarahkan petugas Satgas SBJ untuk menjalani perawatan medis di Sabang, Senin (4/12/2017). Foto: Istimewa. Salah seorang pasien diarahkan petugas Satgas SBJ untuk menjalani perawatan medis di Sabang, Senin (4/12/2017). Foto: Istimewa.

SABANG (KP): Satuan Tugas (Satgas) Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 TNI AL mulai melaksanakan misi kemanusiaan di Pulau We Sabang sebagai daerah sasaran ke-4 bakti sosial, Senin (4/12/2017). Selama berada di Sabang, kapal rumah sakit terapung KRI dr Soeharso-990 juga mengizinkan masyarakat dan anak-anak sekolah naik ke atas kapal.

Komandan KRI dr Soeharso-990 Letkol Laut (P) Alfred D Matthew menjelaskan, masyarakat dan anak-anak sekolah di Sabang diizinkan berkunjung ke KRI. Hal ini sebagai sarana pembelajaran dan pengenalan. Pengenalan ini agar TNI AL lebih dekat dengan masyarakat yang berada di pulau-pulau terluar.

“Masyarakat Sabang yang berkunjung sangat antusian dalam dua hari terakhir. Mereka berswafoto di dua unit helikopter di geladak walaupun kondisi cuaca gerimis,” ungkapnya.

Sementara itu, Dansatgas SBJ ke-66 Kolonel Laut (P) Johanes mengatakan, misi kemanusiaan selanjutnya di pulau Weh, Sabang. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain, renovasi Musala Babul R, penyerahan bahan kontak, pelayanan kesehatan di KRI dr Soeharso 990, dan pelayanan kesehatan umum di Fasharkan Sabang.

Di samping itu, bantuan juga disalurkan berupa bahan kontak di Gereja GPIB, TK Pertiwi, MTs Negeri Sabang, penyuluhan di Aula Apker Ibnu Sina, penyerahan paket pendidikan, penyuluhan kepada masyarakat di Aula SDN 3, bakti sosial (baksos) di Vihara Buddha Sabang, dan baksos Tribun Playground. Bantuan sembako yang disalurkan sekitar 1.011 Paket.

Di bidang pelayanan kesehatan, warga yang menjalani pengobatan gratis sekitar 2.886 orang. Rinciannya, pengobatan umum 1.772 orang, gigi 190 orang, poli THT 82 orang, poli kulit 61 orang, poli anak 24 orang, penyakit dalam 73 orang, poli mata 225 orang, poli bedah mayor 9 orang, bedah minor 16 orang, katarak 9 orang, poli khitan 43 orang, labolatorium 254 orang, kebidanan 47 orang, radiologi dan rontgen 17 orang.

“Pelaksanaan SBJ ke-66 di wilayah Sabang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sail Sabang 2017. Sasaran kegiatan berupa perbaikan ringan sarana prasarana umum, pelayanan kesehatan, penyerahan bahan kontak, penyuluhan kesehatan, hukum dan potensi maritim, bela negara serta mempererat hubungan lintas sektoral antara masyarakat, instansi pemerintah daerah dengan TNI AL,” sebut Johanes.

Sedangkan Operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya merupakan kegiatan rutin tahunan. Kegiatan ini mewujudkan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat di daerah pesisiri dan pulau-pulau terluar dalam rangka membantu mempercepat pembangunan. Diharapkan, peluang usaha masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan dapat terbuka.

REDAKSI

Berita terkait

*

*

Top