Satgas SBJ obati 2.730 warga Simeulue

Dansatgas SBJ ke-66 Kolonel Laut (P) Johanes didampingi Wabup Aprida Wati Simeulue menyerahkan sembako kepada salah seorang warga, Rabu (29/11/2017). Foto: Istimewa. Dansatgas SBJ ke-66 Kolonel Laut (P) Johanes didampingi Wabup Aprida Wati Simeulue menyerahkan sembako kepada salah seorang warga, Rabu (29/11/2017). Foto: Istimewa.

NAD (KP): Setelah menempuh jarak kurang lebih 72 nautical mile (NM) dari Pulau Banyak, Satgas Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya ke-66 melaksanakan misi kemanusiaan di daerah sasaran ketiga yaitu Kabupaten Simeulue, Nanggroe Aceh Darussalam NAD), Rabu (29/11/2017). Misi kemanusiaan ini bagian dari rangkaian kegiatan Sail Sabang.

Dansatgas SBJ ke-66 Kolonel Laut (P) Johanes mengatakan, sasaran kegiatan berupa perbaikan ringan sarana dan prasarana umum, pelayanan kesehatan, penyerahan bahan kontak, penyuluhan kesehatan, hukum dan potensi maritim, bela negara, hiburan film, dan pentas musik untuk mempererat hubungan lintas sektoral antara masyarakat, instansi pemerintah daerah dengan TNI AL. Sedangkan pelayanan kesehatan digelar 28-29 November. Para pasien yang mendapat layanan pengobatan gratis antara lain pengobatan umum 1771 orang, gigi 107 orang, THT 128 orang, kulit 21 orang, poli anak 15 orang, poli penyakit dalam 71 orang, poli mata 159 orang, poli bedah 48 orang, poli khitan 84 orang, labolatorium 241 orang, kebidanan 34 orang, radiologi 12 orang, bedah mayor 7 orang, bedah minor 13 orang, katarak 12 orang, pterigium (daging tumbuh di bola mata) 4 orang, corpus ahem cornea 1 orang, bibir sumbing 2 orang. Jumlah total pasien yang mendapat pengobatan sekitar 2.730 orang.

Sedangkan 1.700 paket sembako didistribusikan kepada setiap pasien yang memiliki kartu dari desa dan puskesmas setempat. Paket sembako ini berisi beras 5 kg, minyak goreng, kopi, teh, gula, mi instan, makanan bayi, dan lain-lain.

Di samping bantuan sembako bagi warga, pengecatan juga dilakukan di Masjid Attaqrim. Sedangkan SD 13 Sinabang direnovasi berikut dengan bantuan paket perlengkapan sekolah.

“Tujuan Operasi Bhakti TNI AL Surya Bhaskara Jaya merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL dalam mewujudkan kemanunggalan dengan rakyat. Operasi ini guna mewujudkan kepedulian TNI AL terhadap masyarakat di daerah pesisir dan pulau-pulau terluar dalam rangka membantu mempercepat pembangunan,” sebut Johanes.

Sebelum kegiatan SBJ ke-66 dilaksanakan di daerah Siemeulue, Satgas SBJ telah berkoordinasi dengan jajaran Pemkab Siemelue. Bangunan yang pantas direnovasi telah disurvei terlebih dahulu. Supaya, dana yang digunakan dipertanggung jawabkan sesuai dokumentasi di lapangan.

REDAKSI

Berita terkait

*

*

Top