Dua satuan baru ditambah di tiap Lantamal

Asisten Operasi Lantamal IV Kolonel Laut (P) Edward H Sibuea memberikan cendera mata kepada Aspotmar Mayjen TNI (Mar) Gatot Triswanto saat sosialisasi kehadiran dua satu baru, Selasa (28/11/2017). Foto: Dispen. Asisten Operasi Lantamal IV Kolonel Laut (P) Edward H Sibuea memberikan cendera mata kepada Aspotmar Mayjen TNI (Mar) Gatot Triswanto saat sosialisasi kehadiran dua satu baru, Selasa (28/11/2017). Foto: Dispen.

TANJUNGPINANG (KP): Dua satuan baru akan ditambah di setiap Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal). Dua satuan ini antara lain Satuan Kapal Patroli (Satrol) dan Staf Potensi Maritim (Spotmar).

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Operasi Lantamal IV Kolonel Laut (P) Edward H Sibuea, Selasa (28/11/2017), mengatakan, pembentukan Staf Potensi Maritim Kepala Staf Angkatan Laut atau Spotmar Kasal berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor 31 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tugas Satuan Kapal Patroli Lantamal. Nantinya, di setiap Lantamal akan bertambah dua organisasi baru yaitu Satuan Kapal Patroli (Satrol) dan Staf Potmar (Spotmar) Lantamal.

“Spotmar Lantamal merupakan staf pembantu pimpinan tingkat Lantamal yang membidangi tataran kebijakan Danlantamal tentang pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Pemberdayaan ini dilaksanakan melalui pembinaan potensi maritim untuk diarahakan menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan dan berkedudukan langsung di bawah Danlantamal,” ungkapnya.

Saat ini, seluruh personel akan mendapat pencerahan sekaligus kesempatan berdiskusi, terutama yang berkaitan dengan pembentukan organisasi baru di jajaran TNI AL. Diharapkan, kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar tugas-tugas yang diemban di satuan masing-masing akan semakin baik dan meningkat.

Sementara itu, Aspotmar Mayjen TNI (Mar) Gatot Triswanto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pabandya Binlat Spotmar Letkol Laut (P) Tri Antono mengatakan, Safari Potmar merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan sejak terbentuknya Spotmar Mabesal. Setelah dibentuk Spotmar di Kotama dan Lantamal, diharapkan kegiatan pembinaan pemberdayaan wilayah pertahan laut yang dilaksanakan melalui pembinaan Potmar dapat lebih terarah berdaya guna dan berhasil guna.

“Safari Potmar yang dilaksanakan ke Kotama dan Lantamal dimaksudkan untuk mensosialisasikan kebijakan dan informasi agar dapat dimengerti dan dipahami agar dapat dilaksanakan oleh seluruh insan Potamar TNI AL. Selain itu juga untuk mengetahui permasalahan dan kendala yang dihadapi satuan bawah dalam melaksanakan pembinaan Potmar,” sebut Gatot.

Safari Potmar tersebut diisi dengan sosialisasi yang dibawakan Pabandya Ruang Wilayah Pertahanan Letkol Laut (P) Eko Harianto tentang adanya organisasi baru dalam tubuh TNI AL yakni Spotmar. Sosialisasi dilanjutkan dengan penjabaran mulai dari struktur organisasi, tugas pokok, sampai dengan susunan daftar personel Spotmar yang berada di jajaran Lantamal.

REDAKSI

Berita terkait

*

*

Top