Ajang bergengsi sejak 1960

32 tim bertanding Turnamen Busung Cup

Bupati Bintan Apri Sujadi (kanan) melihatkan trofi juara pertama usai membuka Turnamen Busung Cup, Minggu (5/11/2017). Foto: Istimewa.

BUSUNG (KP): Sekitar 32 tim bertanding di Turnamen Busung Cup pada tahun ini. Tim yang berlaga berasal dari Tanjungpinang, Bintan, dan Batam.

Bupati Bintan Apri Sujadi saat membuka turnamen Busung Cup di Lapangan Sri Bintan Buana, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Minggu (5/11/2017), menyampaikan, penciptaan wadah bagi generasi muda yang memang memiliki potensi sangat penting. Turnamen yang sudah sering digelar ini berdampak besar bagi kemajuan dan perkembangan atlet sepak bola Bintan.

Turnamen seperti ini sangat perlu. Bakat-bakat muda perlu wadah mengembangkan diri.

“Untuk diketahui, Bintan akan berlaga di Liga III nantinya. Ini catatan pertama dalam sejarah. Maka kegiatan semacam ini memang perlu kita laksanakan,” ungkap Apri.

Apresiasi patut diberikan kepada pemerintah desa dan masyarakat Busung yang senantiasa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mendukung program pemerintah daerah. Saat ini, stadion di daerah Busung sedang dibangun.

Diharapkan, proses pembangunan lancar ke depan. Nanti, stadion ini dapat dimanfaatkan untuk menambah kemampuan para atlet di Bintan, terutama sepak bola.

Kepala Desa Busung Rusli menceritakan, Turnamen Busung Cup hanya diminati oleh tim sepak bola yang berada di Kecamatan Bintan Utara, yang waktu itu masih berada dalam lingkup Kabupaten Kepulauan Riau, Provinsi Riau. Turnamen Busung Cup digelar sejak 1960 di Lapangan, sekarang menjadi lokasi SDN 003 Seri Kuala Lobam.

Pada 1983, Turnamen Busung Cup telah dilaksanakan di lapangan Sri Bintan Buana. Turnamen ini dilangsungkan kurang lebih tiga tahun sekali. Seiring perkembangan zaman dan ditambah berbagai gagasan baru, Busung Cup telah mampu menarik minat tim dari berbagai daerah.

“Tahun ini, tim-tim yang akan berlaga berasal dari Bintan, Tanjungpinang, dan Batam. Totalnya 32 tim,” katanya.

Turnamen Busung Cup ini akan berlangsung sampai 10 Desember mendatang. Seluruh tim akan memperebutkan trofi dan total hadiah sebesar Rp54 juta.

Rinciannya, juara pertama mendapat Rp20 juta, juara kedua Rp15 juta, juara ketiga Rp10 juta, dan juara keempat Rp7 juta. Pencetak gol terbanyak Rp1 juta. Pemain terbaik Rp1 juta.

REDAKSI

Spread the love

*

*

Top