Toapaya Selatan panen 40 ton semangka

Bupati Bintan Apri Sujadi bersama petani setempat melihatkan semangka hasil panen di Desa Toapaya Selatan, Minggu (5/11/2017). Foto: Istimewa. Bupati Bintan Apri Sujadi bersama petani setempat melihatkan semangka hasil panen di Desa Toapaya Selatan, Minggu (5/11/2017). Foto: Istimewa.

TOAPAYA (KP): Petani di Desa Topaya Selatan, Kecamatan Toapaya, memanen 40 ton semangka. Hasil panen akan dijual ke pemborong asal Batam dan Tanjungpinang.

“Atas nama pemerintah daerah, saya sangat bangga dengan pencapaian ini. Hasil panen dengan keuntungan lebih dari seratus persen,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi saat tasyakuran bersama para petani di lahan perkebunan semangka Desa Toapaya Selatan, Minggu (5/11/2017).

Panen 40 ton semangka ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa. Usaha pertanian seperti ini yang diharapkan dari BUMDes.

“Hasil panen ini salah satu keberhasilan pemerintah desa bersama masyarakat dalam mengelola potensi yang dimiliki,” ungkap Apri.

Dana yang dialokasikan untuk memulai perkebunan semangka ini sekitar Rp80 juta. Dana ini digunakan untuk pembersihan lahan, pembelian pipa pengairan, bibit, upah pekerja, dan biaya perawatan. Dua kurun waktu dua bulan, lahan perkebunan semangka seluas dua hektare ini mampu menghasilkan omzet Rp200 juta.

“Keuntungan yang didapat nanti disisihkan untuk PAD Desa. Ke depannya, kami akan kembangkan lagi,” kata Camat Toapaya Riang Anggraini.

Sementara itu, Kepala Desa Toapaya Selatan Suhenda memaparkan teknik penanaman yang diterapkan dalam penanaman bibit semangka. Pengolahan perkebunan semangka menggunakan tata kelola yang ramah lingkungan. Pupuk yang digunakan adalah organik.

“Penggunaan pupuk organik dalam perkebunan semangka ini menjadi salah satu poin penilaian saat Desa Toapaya Selatan berhasil meraih predikat desa terbaik ketiga di tingkat nasional pada regional Sumatera beberapa waktu lalu. Semoga, hal ini bisa jadi langkah awal dalam pengembangan sektor perkebunan di Toapaya Selatan,” harapnya.

Usai meninjau lahan perkebunan yang hampir secara keseluruhannya telah dipanen, bupati Bintan bersama masyarakat menggelar syukuran. Panen raya semangka ini bukan saja kebangkitan di sektor perkebunan, tapi juga bisa menjadi daya tarik wisatawan.

“Kami bersyukur atas kenikmatan yang luar biasa ini. Kami berharap, panen semangka ini bisa menjadi peluang untuk pengembangan agrowisata,” harap Apri.

REDAKSI

*

*

Top