Komisi VI DPR bantu IKM kelapa di Lingga

Bupati Lingga Alias Wello saat menemui anggota Komisi IV DPR Idris Laena di Jakarta, Rabu (25/10/2017). Foto: Istimewa.

JAKARTA (KP): Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan membantu pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) kelapa di Kabupaten Lingga. Pasalnya, bahan baku IKM sudah ditopang oleh daerah penghasil kelapa di Provinsi Jambi yaitu Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

“Kerja sama perdagangan antar daerah seperti ini cukup bagus. Kabupaten Tanjung Jabung Timur itu merupakan daerah penghasil kelapa terbesar di Jambi yang bisa menopang kebutuhan bahan baku IKM kelapa di Lingga,” kata anggota Komisi VI DPR Idris Laena yang membidangi perindustrian dan perdagangan saat menerima Bupati Lingga Alias Wello di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Strategis Awe, sapaan akrabnya bupati Lingga, yang menjalin kerja sama dengan Pemkab Tanjung Jabung Timur patut mendapat pujian. Kerja sama itu di bidang perdagangan, pertanian, perikanan dan pariwisata.

“Pola pengembangan IKM yang berbasis pemanfaatan sumber daya lokal, kami dukung. Insya Allah, saya akan mengagendakan berkunjung ke Lingga. Nanti, saya koordinasikan dengan Kementerian Perindustrian,” ucap politisi kelahiran Pulau Kijang, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau itu.

Kesempatan yang sama, Awe mengatakan, semua bagian kelapa dapat dimanfaatkan. Sabut kelapa dapat diolah menjadi bahan baku sofa dan media tanam. Tempurung kepala dijadikan briket. Daging kelapa dijadikan minyak goreng. Sedangkan air kelapa diolah menjadi produk nata de coco.

“Semuanya bermanfaat dan tidak ada yang menjadi sampah. Hasil produk IKM sudah diserap oleh sejumlah perusahaan, baik di dalam maupun luar negeri,” ungkapnya.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top