Makna kemerdekaan bagi rakyat negeri ini…Merdeka!!!

Zamroni SH, MM. Dosen STIE Pembangunan Kota Tanjungpinang.

Kita sebagai rakyat Indonesia harus paham dengan 17 Agustus 1945 yang menyimpan arti dan makna mendalam bagi bangsa Indonesia yaitu tentang kemerdekaan. Betapa tidak, para pejuang dan pahlawan bangsa berdarah-darah mempertaruhkan segala jiwa dan raganya supaya negeri ini terbebas dari penjajahan.

Bersyukurlah kita bisa sekolah, bekerja, dan berbuat segala sesuatu dengan aman, nyaman, dan tenang setelah kemerdekaan direbut dari para penjajah. Indonesia, negeri yang indah dan mempesona.

Negeri yang kaya akan alam flora dan faunanya. Negeri yang berlimpah kebudayaannya.

Banyak suku bangsa yang berbeda dari Sabang sampai Merauke. Banyaknya suku bangsa membuat ciri khas dan budaya daerah tersebut berbeda dengan daerah lainnya.

Meski begitu, hal tersebut tidak menyebabkan perpecahan. Toleransi dan rasa kebersamaan hidup berdampingan sehingga tak menimbulkan perpecahan.

Banyaknya perbedaan bukanlah suatu masalah. Justru itu merupakan suatu anugerah yang harus diterima dan disyukuri.

Rakyat Indonesia hidup rukun sejak dahulu, terlebih ketika masa penjajahan. Penderitaan yang sangat dahsyat dirasakan semua orang.

Rasa senasib sepenanggungan itu menimbulkan persatuan. Tidak ada lagi yang membeda-bedakan suku maupun agama.

Semua orang tolong-menolong dan bersatu melawan penjajah. Perjuangan dilakukan melalui jalur fisik dan kekuatan serta jalur diplomasi yang mengutamakan perdamaian.

Itu semua dilakukan demi terbebasnya Indonesia dari genggaman Imperialisme. Para pahlawan tetap berjuang sepenuh hati walau jumlah mereka yang gugur tidak terhitung.

Semangat mereka tidak pernah padam. Hanya satu kata yaitu Merdeka, selalu ada dalam hati dan pikiran mereka.

Bahkan, kematian tidak dapat menakuti mereka. Mereka pun terus berjuang hingga akhirnya kemerdekaan tiba, tepatnya ketika Proklamasi dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Seluruh orang merasakan kegembiraan yang tak tertahankan pada saat itu. Hari itu merupakan hari yang sangat berarti dan tidak akan terlupakan bagi seluruh bangsa Indonesia.

Tak terasa sudah 72 tahun lamanya, Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan. Indonesia menjadi negara yang merdeka sepenuhnya. Namun, tidak semua orang dapat memaknai apa arti Proklamasi.

Seperti para generasi muda yang hidup tanpa mengenal peperangan dan perjuangan untuk merebut kemerdekaan. Mereka kurang mengerti arti Proklamasi dan tidak tahu bagaimana harus diperbuat dalam mengisi kemerdekaan.

Bukan itu saja, pemerintah dan jajaran para pejabatnya saatini yang sangat diharapkan dan seharusnya sudah menggiring rakyat ke tingkat kesejahteraan yang lebih baik. Bukan malah masih terlalu sibuk mengurus urusan internal dan golongannya saja.

Mungkin, inilah saat yang tepat bagi rakyat Indonesia untuk memaknai arti kemerdekaan, seperti yang pernah dilakukan oleh Bapak Proklamator kita 72 tahun lalu. Tentu dengan cara dan aksi yang berbeda. Namun, tujuannya sama yaitu membebaskan rakyat dari penjajahan bangsa asing dan merdeka di negerinya sendiri, NKRI. Merdeka…Merdeka!!!

Penulis: Zamroni SH MM
Praktisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Dosen di STIE Pembangunan Tanjungpinang

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top