Enam desa di Lingga bebas perilaku BABS

Kepala Dinas Kesehatan Lingga Syamsu Rizal. Foto: Ardhy.

LINGGA (KP): Enam desa di Kabupaten Lingga mendapat piagam penghargaan Open Defecation Free (kawasan bebas buang air besar sembarangan). Enam desa tersebut antara lain, Desa Panggak Darat, Merawang dan Musai (Kecamatan Lingga), dan Desa Bukit Langkap, Kerandin, dan Sungai Pinang (Kecamatan Lingga Timur).

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DKPP-KB) Kabupaten Lingga Syamsu Rizal dihubungi dari Daik, Senin (7/8/2017), mengatakan, penghargaan ini ditujukan kepada desa-desa yang telah berhasil menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungannya. Desa-desa ini akan dijadikan contoh bagi desa lain.

“Kami menaruh harapan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat dapat dilakukan oleh warga desa. Dengan perilaku lingkungan bersih, maka penyebaran penyakit menular terutama penyakit diare dapat ditekan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Panggak Darat Zulmafriza mengatakan, ia bangga karena desanya terpilih sebagai salah satu desa yang turut menerima piagam ODF dari pemerintah daerah. Perilaku hidup bersih dan sehat akan terus diterapkan.

Terkait program lanjutan untuk enam desa tersebut, Zulmafriza mengaku belum dapat informasi lebih lanjut. Namun pihak desa memiliki harapan ada bantuan lanjutan dari daerah.

“Untuk tindaklanjutnya kita belum tahu pasti, apakah ada program bantuan atau semacamnya,” ujarnya.

ARDHY

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top