Pemkab Bintan akan terapkan pemutihan pajak

Bupati Bintan Apri Sujadi saat menyerahkan penghargaan kepada salah satu pembayar pajak di Aula Convention Centre, Hotel Hermes, Batu 25, Kecamatan Toapaya, Senin (24/7/2017) pagi. Foto: Istimewa.

BINTAN (KP): Pemkab Bintan tengah mempelajari rumusan untuk membuat program pemutihan pajak bagi wajib pajak yang menunggak. Hal ini guna memotivasi para wajib pajak dalam meningkatkan pendapatan daerah.

“Saya minta kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPD) segera mempelajari dan merumuskan regulasi agar wajib pajak bisa diputihkan tunggakannya. Sehingga, potensi wajib pajak dapat terus meningkat,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi saat menyerahkan penghargaan kepada pembayar pajak di Aula Convention Centre, Hotel Hermes, Batu 25, Kecamatan Toapaya, Senin (24/7/2017) pagi.

Sehingga, pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk penyediaan infrastruktur untuk meningkatkan daya saing dapat diwujudkan.

Kesempatan yang sama, Kepala (BPPD) Kabupaten Bintan Yuzed mengatakan, pemerintah daerah terus berusaha meningkatkan pelayanan perpajakan dan transparansi perpajakan daerah. Upaya peningkatan pelayanan juga difokuskan pada pendekatan pelayanan kepada wajib pajak. Dengan begitu, akses dan kenyamanan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakan dapat diberikan.

“Aspek penilaian wajib pajak juga berdasarkan pada tingkat kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan yang meliputi ketepatan tertib waktu dalam melaporkan, tertib penyetoran, dan tidak memiliki tunggakan pajak,” jelasnya.

Untuk diketahui, sekitar 43 peserta wajib pajak teladan periode 2014-2016 mendapat penghargaan dari Pemkab Bintan. Penghargaan diberikan kepada wajib pajak hotel dan restoran. Penghargaan diberikan berdasarkan beberapa kategori.

Pajak hotel besar dengan sumbangsih sekitar Rp10 miliar per tahun diterima dari PT Alam Indah Bintan (Nirwana Gardens), PT Bintan Lagoon Hotel, dan PT Bintan Hotel (Banyan Tree Resort). Kategori sedang sumbangsih antara Rp1 miliar hingga Rp10 miliar per tahun. Kategori kecil dengan sumbangsih dibawah Rp1 miliar per tahun.

Sedangkan untuk restoran dibagi atas kategori sedang dengan sumbangsih antara Rp50 juta-Rp500 juta. Kategori kecil dengan sumbangsih antara Rp1,2 juta-Rp50 juta.

Kegiatan juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Plt Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bintan M Yatir, pimpinan Bank Riau Kepri, seluruh kepala OPD, camat, lurah, dan para wajib se-Kabupaten Bintan.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top