Pameran Pertanian Internasional di Malaysia

Bupati Lingga jadi tamu khusus

Bupati Lingga Alias Wello (tiga dari kiri) menjadi salah satu tamu khsusus dalam pameran pertanian dunia (Agroworld Expo) ke-5 di Johor, Malaysia. Foto: Istimewa.

JOHOR (KP): Bupati lingga Alias Wello (Awe) menjadi salah satu tamu spesial dalam pameran pertanian Internasional atau dikenal Agroworld Expo ke-5 yang digelar di Johor Bahru, Malaysia, 19-21 Mei 2017. Kehadiran orang nomor satu dari daerah yang dijuluki “Bunda Tanah Melayu” itu disambut hangat dan didengung-dengungkan lewat pengeras suara.

“Bupati hadir dalam kegiatan Agroworld Expo didampingi Staf Khusus Bidang Investasi Saptono Mustaqim dan anggota DPRD Lingga Neko Wesha Pawelloy. Rombongan disambut hangat dan nama bupati disebut beberapa kali oleh panitia penyelenggara,” kata Ajudan Bupati Lingga Sefi Hadi Nugraha, Sabtu (20/5/2017).

Hadir sebagai undangan IMS International Professional Trade Organiser merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia, khususnya Kabupaten Lingga. Komitmen bupati Lingga memajukan sektor pertanian sebagai sumber pendapatan daerah, didukung misi pemerintah Indonesia membanjiri pasar ASEAN dengan produk pertanian organik dari Lingga, seolah disambut baik dunia internasional.

Staf Khusus Bupati Lingga Bidang Investasi Daerah Saptono Mustaqim dalam rilis yang diterima media menjelaskan, pameran Konferensi Internasional Malaysia atau 3rd Agro Excellence Malaysia Award 2017 yang digelar oleh Agricultural Protection and Development Association of Malaysia (APDAM) ini merupakan penghargaan tertinggi di sektor agro atau pertanian yang melibatkan dunia internasional.

“Ini wujud keberhasilan bupati dalam keseriusannya di bidang pertanian. Dalam pameran ini banyak bertemu para investor dari dunia internasional. Banyak wawasan tentang pertanian yang nanti dapat kita kembangkan di Lingga,” ujarnya.

Bupati Lingga juga menjadi salah satu penerima penghargaan dari President WCA Datuk Paduka Key Jo.

Untuk diketahui, pameran pertanian yang ke-5 di Malaysia ini menampilkan berbagai macam teknologi pertanian, mesin dan peralatan, sistem irigasi dan fertigasi, teknologi pupuk, penanaman dan budi daya, bibit pengembangbiakan, fasilitas penyimpanan, dan profil pameran kemasan.

Saat ini, Malaysia menempatkan industri pertanian sebagai sektor ekonomi prioritas dengan memberikan kontribusi sebanyak 12 persen terhadap pendapatan nasional di negara tersebut. Industri pertanian berhasil menampung 16 persen populasi tenaga kerja.

Salah satu sektor pengembangan pertanian di Malaysia yang membuat negara ini menyelenggarakan event agro bertaraf internasional ini antara lain, tanaman karet, kelapa sawit, dan kakao yang berhasil mendominasi ekspor pertanian di negara serumpun Melayu ini. Selain itu, produk pertanian di Malaysia juga memproduksi sejumlah buah dan sayuran untuk pasar dalam negeri, termasuk pisang, kelapa, durian, nanas, beras, rambutan dan lain-lain.

Tujuan dari pameran ini untuk memberikan kemajuan teknologi, inovasi, dan moderasi yang lebih besar dalam teknik pertanian ke industri pertanian demi memenuhi tujuan akhir meningkatkan produktivitas. Hal Ini juga menyediakan wadah peserta pameran dari berbagai daerah untuk berpartisipasi guna mendapatkan keuntungan bisnis langsung.

ARDHY

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top