53 dewan hakim MTQ XI harus profesional

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah dan wakilnya Syahrul foto bersama dewan hakim MTQ usai prosesi pelantikan di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip, Senin (17/4/2017).

TANJUNGPINANG (KP): Sebanyak 53 Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI Kota Tanjungpinang resmi dilantik. Para dewan hakim yang terpilih ini diminta tetap profesional menilai para qari dan qariah.

Wali Kota Lis Darmansyah dalam prosesi pelantikan di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip, Senin (17/4/2017), mengungkapkan, MTQ merupakan kegiatan dalam mensyiarkan agama Islam melalui pembacaan ayat suci Alquran. Setelah pelaksanaan MTQ ini, para dewan
hakim memiliki tanggung jawab dan beban untuk meningkatkan lagi seni bacaan Alquran dari qari dan qariah yang akan tampil di ajang STQ tingkat Provinsi Kepri.

“Saya percaya dewan hakim yang terpilih sudah banyak pengalamannya. Saya pesan agar para dewan hakim tetap profesional dalam melakukan penilaian. Tunjukkan bahwa penyelenggaraan MTQ menghasilkan qari dan qariah yang bisa membanggakan kita semua,” pesan Lis.

Mengenai peningkatan kualitas para qari dan qariah di masa mendatang, Quran Center akan dibangun di pulau Penyengat. Ruang kelas SD di Penyengat akan digabungkan menjadi bangunan Quran Center.

“Insya Allah, wacana itu akan kami laksanakan. Kami masih merumuskannya bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para ulama, serta Dinas Pendidikan,” kata Lis.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tanjungpinang yang juga Wakil Wali Kota Syahrul mengatakan, kuantitas peserta MTQ sudah cukup baik. Namun dari sisi kualitas, para qari dan qariah masih perlu pembinaan.

“Mudah-mudahan dengan adanya wacana wali kota membuka Quran Center di pulau penyengat, bisa meningkatkan kualitas qari dan qariah,” harapnya.

REDAKSI

Spread the love

Berita terkait

*

*

Top